Sabtu, 30 Maret 2013

0

Kopi Toraja Cukup Dikenal Di Mancanegara

Posted in


Salah satu kekayaan Indonesia yang patut dibanggakan adalah Kopi Toraja, Kopi yang dihasilkan dari wilayah timur Indonesia ini cukup dikenal di dunia internasional dengan rasa yang khas dan hingga kini masih belum ditemukan kopi sejenis yang mempunyai rasa istimewa seperti halnya kopi Toraja. Toraja adalah salah satu Kabupaten yang terletak di Sulawesi Selatan, wilayah ini mempunyai letak geografis area pegunungan yang sangat cocok untuk pengembangan budidaya kopi dengan kwalitas yang sangat prima. Hal tersebut sudah diketahui sejak penjajahan Belanda ratusan tahun silam.

Wilayah Toraja juga dikenal sebagai wilayah yang mempunyai budaya dengan pesona indah yang tidak ditemukan di wilayah Indonesia lainnya. Disamping itu daerah ini sangat dikenal sebagai penghasil kopi dengan aroma wangi yang memikat selera para penikmat kopi dengan selera tinggi. Bagi anda yang berkunjung ke Tana Toraja khususnya di Rantepao tidak lengkap rasanya jika kujnjungan tersebut tidak disempurnakan dengan menikmati Kopi Arabica asli Toraja.

Kopi Toraja juga sering disebut sebagai "Queen Of Coffee" karena mempunyai cita rasa yang sedap, harum dan taste yang seimbang dan unik antara rasa pahit dan asam di samping aroma herbal yang tidak ditemukan didaerah lain dan inilah ciri khas yang dimiliki oleh Kopi Toraja.

Satu hal yang membanggakan adalah bahwa kopi Toraja cukup dikenal dinegara-negara besar diseluruh dunia, salah satunya adalah Key Coffee yang merupakan sebuah merk dagang perdagangan kopi di Jepang dan Amerika Serikat yang mengkhususkan diri dalam memproduksi aneka produk kopi berbahan baku kopi Toraja. Eksport kopi Toraja ke Jepang dan Amerika harus melalui perusahaan ini, export Kopi Toraja tanpa melalui perusahaan ini akan di anggap sebagai sebuah pelanggaran merk dagang di negara tersebut. Begitu istimewanya kopi Toraja hingga membuat Key Coffee harus mendaftarkan kopi ini sebagai merek dagangnya.

Di Jepang kopi Toraja di anggap sebagai barang mewah, sekitar 40 persen kopi yang beredar di Jepang adalah kopi Toraja. Penikmat kopi Toraja dinegara matahari terbit ini berasal dari kalangan menengah keatas  karena untuk mendapatkan secangkir kopi Toraja mereka harus membayarnya dengan harga cukup tinggi. Kopi Toraja juga sangat diminati oleh warga Jepang, terbukti pada saat digelar pameran Eco Product pada tahun 2008 silam yang dihadiri oleh Prince dan Princess Akishino stand yang membuka kopi Toraja banyak dikunjungi oleh para hadirin yang mengunjungi Pameran tersebut. Terlihat antrian yang cukup panjang para Pengunjung untuk menikmati kopi asal Indonesia ini, mereka terlihat begitu menikmati rasa khas kopi Toraja bahkan beberapa diantaranya meminta tambah beberapa cangkir untuk dinikmatinya kembali.


0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.